LAUNCHING PEMBENTUKAN GERAI PELAYANAN ADMINISTRASI PERIZINAN SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN

Launching Pembentukan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan Dan Perikanan di gelar oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai di TPI Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, Rabu (19/12/2018).
Dalam laporannya, Kepala DPMPTSP Kabupaten Sinjai Andi Adeha Syamsuri, AP., S.IP., M.Si. melaporkan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan “Pembentukan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan Yang Menjadi Kewenangan Propinsi” di Kabupaten Sinjai adalah dalam rangka mendukung kemudahan dan percepatan dalam pelayanan administrasi perizinan berusaha yang terkait sektor kelautan dan perikanan di Wilayah Kabupaten Sinjai yang merupakan kewenangan Propinsi berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas serta meningkatkan Pelayanan dan Fungsi aparatur pelayanan administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan.
Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH., LLM. dalam sambutannya mengatakan Pembentukan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan Dan Perikanan ini merupakan salah satu Program Seratus (100) hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sinjai Periode 2018-2023 dan program unggulan yang menjadi janji kami diawal pemerintahan ini, untuk membentuk Gerai Perizinan Perikanan di TPI Lappa dan hal ini berdasarkan MoU antara Gubernur Sulawesi Selatan dengan Bupati Sinjai tentang kemudahan dan percepatan dalam pelayanan perizinan berusaha yang terkait dengan Sektor kelautan dan perikanan di wilayah Kabupaten Sinjai serta perjanjian kerjasama antara Kepala DPMPTSP Propinsi Sulawesi Selatan dengan Kepala DPMPTSP Kabupaten Sinjai tentang Pembentukan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan Dan Perikanan Yang menjadi kewenangan Propinsi.

Bupati Sinjai lebih lanjut mengatakan Pembentukan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan ini merupakan salah satu bentuk komitmen antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam melakukan inovasi dan penyederhanaan proses pelayanan publik yang transparan, efesien, akuntabel dan tepat waktu. Hal ini sesuai Visi dan Misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Sinjai Periode 2018- 2023 yakni salah satunya program Pengembangan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu secara modern.

Selain itu Pembentukan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan ini berada pada lokasi Yang sangat strategis karena berada dalam kawasan Perikanan Kabupaten Sinjai tepatnya di PPI Lappa yang merupakan pemasok ikan terbesar di Sulawesi Selatan sehingga memberikan kontribusi besar, baik dalam peningkatan berusaha maupun dalam peningkatan PDRB Kabupaten Sinjai, karena sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan Kabupaten Sinjai, sehingga Kita berharap bahwa keberadaan Gerai ini akan dapat memperlancar proses administrasi perizinannya sehingga akan berdampak bagi peningkatan Dan percepatan Roda perekonomian masyarakat Sinjai, khususnya di sektor kelautan Dan perikanan.
Selain itu kita berharap dengan adanya “PEMBENTUKAN GERAI PELAYANAN ADMINISTRASI PERIZINAN SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN” kinerja birokrasi pelayanan publik akan semakin baik, karena dengan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin baik pula, hal ini dapat meningkatkan legitimasi yang lebih kuat dimata Publik, jelasnya.
Melalui kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa Alhamdulillah, baru baru ini Pemerintah Kabupaten Sinjai meraih Penghargaan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi (Kategori HIJAU) Tahun 2018 dari Ombudsman Republik Indonesia terhadap Standar Layanan Publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan juga Pengharagaan diberikan oleh Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Kepada DPMPTSP Kabupaten Sinjai sebagai unit Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori Baik (B+) Tahun 2018.
Hal ini merupakan apresiasi Pemerintah Pusat terhadap Pelayanan Publik di Kabupaten Sinjai, dan semoga menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah untuk lebih meningkatkan pemberian Pelayanan terbaik pada masyarakat, jelasnya.

Turut hadir dalam acara ini Unsur Forkopimda, para staf ahli, para Kepala OPD, para Kepala BUMN/BUMD, para Camat, para Kepala Desa/Lurah Se Kabupaten Sinjai serta pelaku usaha perikanan (nelayan).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *